Thursday, April 30, 2009

Tips Manajemen Laktasi

Sebagai ibu dan sekaligus wanita yang bekerja seperti ana tidak mudah untuk memberikan ASI eksklusif untuk buah hati, karena jatah cuti hanya 3 bulan sedangkan bayi membutuhkan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Tapi segala rintangan itu hendaknya tidak menyurutkan niat yang sudah ada. Hambatan yang muncul bisa bermacam-macam diantaranya waktu yang terbatas untuk memerah ASI, tidak adanya fasilitas penyimpanan ASI di kantor, ataupun ketidak seimbangan antara demand dan supply( ini terjadi sama ana karena ASI yang dibawa pulang lebih sedikit dibanding yang diminum fatih). Ada beberapa tips yang bisa dipake:
  1. Ketika masih cuti di rumah sesegera mungkin menyimpan ASI perahan : karena ASI yang disimpan di freezer bisa disimpan dalam waktu yang relatif lama (tergantung kondisi tempat penyimpanan), maka sebaiknya mulai menyimpan ASI perahan paling tidak seminggu setelah keluar dari rumah sakit(semakin cepat semakin baik)
  2. Menyusui dari satu payudara dan yang lainnya untuk diperah
  3. Ketika berada di kantor sebisa mungkin memerah ASI setiap 3-4 jam sekali, agar produksi ASI tetap terjaga. sesibuk apapun sebaiknya diusahakan memerah ASI karena kalau tidak diperah produksi ASI akan menurun.
  4. Jika di kantor tidak ada lemari pendingin, jangan lupa membawa coller bag yang sudah diisi es batu atau blue ice(kalau ana ketika ada dinas di luar kantor pun selalu menenteng coller bag ini, pokoknya jadi bagian penting yang ngga bisa ditinggal)
  5. Ketika berada di rumah tetap perah ASI ketika payudara terasa penuh
  6. Jika hari libur tetap perah ASI di rumah(kalau ana 2 kali pagi bangun tidur dan sebelum tidur) lumayan buat nambahin stock
Kalau ana kemaren karena mulai nyetok ASI pas sebulan sebelum masuk kantor, jadinya lumayan dag dig dug karena takut stock ngga cukup. karena setiap pulang kerja hanya bisa bawa 5 botol isi 120 ml sedangkan fatih mimik susunya bisa habis sampai 8 botol. Akhirnya tiap malam jam 23 n pagi jam 4 masih merah ASI. Udah gitu makannya ana jadi buanyak banget... sehari makan 4 kali, plus minum susu, buah n ngemil 2 kali makanan berat (ky roti, bubur kacang ijo dll) sampe-sampe kata temen-temen biar kecil makannya buanyakk buangeet.. Ngga usah takut gemuk, yang penting kebutuhan buat buah hati tersayang terpenuhi.

Tapi Alhamdulillah dengan segala perjuangan, masa 6 bulan itu terlewat sudah. Sekarang tetep semangaat untuk lanjutkan sampai usia 2 tahun :)

No comments:

Post a Comment