Thursday, September 10, 2009

Cheddar Cheese Cake

Dari beberapa bulan yang lalu my hubby minta dibeliin cheese cake favoritenya di harvest, karena di purwakarta ngga ada harvest n kita jarang ke Jakarta ana bilang "nanti dibikinan aja yha..." trus doi balik nanya "emang bisa?" blom pernah bikin sich soalnya kan ngga punya oven trus ana jawab"bisa donk, tapi beliin oven yaah..."

Akhirnya oven sukses terbeli(nodong pas jalan2 ke Bandung) , senang nya hatiku soalnya jadi bisa menyalurkan hobi. Beli oven tangkring aja soalnya kalau oven listrik ngga kuat ama watt-nya plus sizenya kecil(emang mau bikin kue segede apa yak...) Beli oven Hook nomer 3, setelah nyampe rumah perasaan gede bener. Padahal tadi pas di toko keliatannya kecil.

Untuk menuhin janji mau bikinin cheese cake, browsing di Internet resep n tips n trik nya. Soalnya banyak laporan di milis NCC kalau suka pada bermasalah ama cheese cake ini. Karena di Purwakarta ini ngga ada yang jual cream cheese(cuman pernah liat sekali di Giant merk Yummy yang light, dan menurut informasi nich cream cheese kurang cheese) nyari resep cheese cake yg ngga pake cream cheese "kalau di milis biasa disebut cream cheese gadungan" nemu di blognya Mbak Shirley

Pertama bikin hasilnya ngga mau smooth(masih ada parutan kejunya di dalam cake) karena melelehkan keju dengan susu ternyata butuh waktu yang lama. Bikin berikutnya sukses karena sebelum di tim keju n susunya diblender biar halus dulu. dan rasanya emang enyakkkk... Ini penampakannya:












Cheddar Cheese Cake

Ditulis oleh Shirley

Loyang: 22 cm bulat (untuk adonan) + loyang untuk air rendaman
Waktu memanggang: 60-70 menit, 160 °C, au bain marie

Bahan-bahan:

Bahan I:
200 ml Susu UHT cair (Ultra)
60 gram Butter (Orchid unsalted)
180 gram Cheddar cheese


Bahan II:
30 gram Tepung terigu
25 gram Maizena
3 buah Kuning telur
1-2 sdt Air jeruk

Bahan III:
5 buah Putih telur
120 gram Gula pasir
1/3 sdt Cream of tar-tar

Bahan IV:
1 sdm Selai strawberry (bisa diganti aprikot atau blueberry)
2 sdm Air matang
Strawberry / peach / orange/ kiwi, sesuai selera

Cara membuat:

1. Siapkan loyang 22 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).

2. Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah dipotong2 kecil (Bahan I) dalam panci kecil,

lalu letakkan di panci tim yang sudah berisi air panas agak banyak. Tutup panci tim dengan lap bersih yang kering. Nyalakan api selama 2-3 menit, lalu matikan api. Biarkan panci tertutup selama 5 menit. Buka panci, aduk-aduk adonan krim hingga rata.


3. Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.

4. Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160 °C. Jika Anda menggunakan otang & tidak punya termometer (seperti saya), nyalakan api kecil saja, asal api birunya menyentuh dasar oven.

5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga 'soft peak' saja (jangan sampai terlalu kaku lho). Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.

6. Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih / bergolak, cukup sampai ada gelembung2 kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya. Penampilan pemanggangan dengan cara au bain marie kira-kira begini.

7. Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.

8. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini lembuuut sekali.

9. Penyelesaian: hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah-buahan, krim kocok, atau hiasan lain sesuai selera.

7 comments:

  1. Anonymous10:07 PM

    ga dilanjut kiy blog e?
    lanjutkan! <- perintah pak bos!

    ReplyDelete
  2. hmm, makasih buat share infonya y.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih untuk Informasinya ^_^

    Semoga Bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  4. sepertinya enak...thx infonya..

    ReplyDelete
  5. hmm, yummi. mesti nyobain :) mantaps

    ReplyDelete
  6. makasih resepnya udah di bagiin...
    mudah2an sama kaya yang di foto.. hehehe

    Ditunggu kunjungan baliknya yah...

    ReplyDelete
  7. nice post mksih info resep nya

    ReplyDelete